Cara Mencari Dana Untuk Organisasi: Ini Referensinya!

Pandemi membuat seluruh pembiayaan kegiatan organisasi menjadi sulit. Sebagai anggota organanisasi kamu tentu harus tahu cara mencari dana untuk organisasi.

Dana organisasi menjadi kunci keberhasilan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan. Bila pemasukan minim, maka kegiatan yang dihasilkan tidak maksimal.

Mengingat pentingnya peranan dana dalam suatu organisasi, berikut beberapa cara mencari dana organisasi saat pandemi yang bisa kamu aplikasikan.

cara mencari dana untuk organisasi

1. Berjualan Makanan yang Tren

Cara mencari dana untuk organisasi saat pandemi yang pertama adalah berjualan makanan yang sedang tren saat ini.

Kamu dapat memilih beberapa jenis makanan yang familiar, murah, simpel, dan memiliki peminat yang banyak.

Cara mencari dana untuk organisasi bisa dengan menjual makanan yang sedang tren saat ini seperti basreng atau bakso goreng, kripik kaca, dimsum, cilok, dessert box, dan berbagai jenis makanan lain.

Meskipun saat ini tengah pandemi, kamu tidak perlu khawatir terhadap penjualannya. Sebab kamu bisa memasarkannya pada Instagram, Shopee, dan aplikasi lain.

Tentunya jangkauan penjualan produk makanan akan jauh lebih luas. Hasil yang didapatkan juga jauh lebih banyak dan dapat menjadi dana pemasukan organisasi.

2. Berjualan Produk Kecantikan

Cara mencari dana untuk organisasi secara online dengan berjualan berbagai produk kecantikan. Langkah ini tepat karena produk kecantikan pasti akan selalu dicari dan dibutuhkan.

Hampir setiap perempuan pasti memiliki tidak hanya satu produk, melainkan bermacam-macam produk kecantikan.

Berjualan secara online akan sangat menguntungkan. Kamu tinggal posting setiap hari dan secara otomatis pasti akan ada yang membutuhkan dan mencari.

3. Berjualan Marchandise

Daripada memikirkan cara penggalangan dana kreatif, kamu lebih baik berjualan marchandise. Langkah ini akan lebih kreatif dan jelas menghasilkan bagi kamu.

Selain itu, atribut-atribut lucu yang unik akan jauh dinikmati oleh banyak orang. Kamu juga bisa meningkatkan skill kreatifitas yang dipunyai.

Cara mencari dana untuk organisasi dengan marchandise biasanya seperti gelas, kaos, dan berbagai aksesoris pendukung lainnya.

4. Jual Produk Kado Wisuda

Cara mencari dana saat pandemi berikutnya bisa dengan berjualan produk-produk untuk kado wisuda. Setiap universitas, setiap tahunnya pasti akan selalu mengadakan wisuda.

Jadi, peluang ini bisa dimanfaatkan untuk berjualan berbagai macam produk pernak-pernik wisuda. Kamu dapat meningkatka skill kreatifitas dalam membentuk berbagai macam produk.

Pada saat ini, produk-produk yang sesuai permintaan pembeli akan jauh diminati. Jadi, kamu bisa mengemas dan memilih produk sesuai selera dan keinginan pembeli.

Jangan hanya fokus pada hadiah dalam bentuk makanan atau barang saja. Cara mencari dana untuk organisasi dengan berjualan kado wisuda akan jauh lebih menguntungkan.

5. Membuka Penggalangan Dana di Kitabisa

Sebagian orang tentu memilih cara yang simpel, yaitu membuka penggalangan dana di Kitabisa atau platform lainnya. Namun, cara tersebut terbukti kurang efektif.

Tentunya, organisasi yang sedang kamu jalani masih cukup mampu untuk mencari sumber dana lain dibandingkan harus meminta bantuan, padahal masih banyak yang membutuhkan.

Bila memang ingin membuka kegiatan penggalangan dana Kitabisa, sebaiknya gunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial yang dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Sehingga banyak pula orang yang akan peduli dan membantu memberikan dana bagi acara sosial yang sedang dijalankan.

Tapi, apa itu kegiatan penggalangan dana? Penggalangan dana adalah suatu proses dalam pengumpulan kontribusi sukarela berbentuk uang atau bantuan lain secara individu maupun kelompok tertentu.

Bila mendengar penggalangan dana, tentu kamu juga tidak asing dengan fundraising. Lalu, apa yang dimaksud dengan fundraising?

Fundraising yaitu suatu penggalangan dana yang dilakukan oleh organisasi-organisasi nirlaba atau perorangan.

Setelah memahami semua istilah mengenai penggalangan dana dan fundraising. Lalu bagaimana cara menggalang dana di kitabisa?

  1. Login terlebih dahulu di akun Kitabisa dengan browser,
  2. Kemudian tekan tombol ‘galang dana’,
  3. Kamu pilih jenis galang dana yang ‘Bantuan Lainnya’,
  4. Setelah itu, isi formulir yang sudah diarahkan secara lengkap.

Membuka penggalangan dana di Kitabisa sebaiknya dilakukan untuk bencana alam, kegiatan sosial, maupun acara lain yang bertujuan membantu orang lain.

Jangan sampai hanya digunakan untuk menjadi cara instan dalam menyukseskan acara pribadi dan menjadi satu-satunya cara mencari dana untuk organisasi.

6. Pengajuan Proposal Kepada Sponsor

Bagaimana cara kita mengumpulkan dana untuk organisasi? Salah satunya dengan mengajukan proposal kepada sponsor.

Biasanya sponsor yang dituju masih selinier dengan organisasi atau program yang ingin dikerjakan. Hal tersebut agar menghindari kemungkinan ditolak.

Namun, jangan berikan sponsor hanya keuntungan sebelah pihak saja. Buat keuntungan antara keduanya sama-sama imbang, agar sponsor tertarik.

Cara mencari dana untuk organisasi dengan sponsor bisa menjadi strategi yang menguntungkan bila berhasil.

Namun langkah ini bisa gagal bila kamu tidak bisa mencari donatur. Cara mencari donatur organisasi biasanya dengan membuka jaringan kepada alumni organisasi.

Biasanya alumni akan memberikan masukan mengenai orang atau kelompok yang sudah pernah bekerja sama.

7. Jastip (Jasa Titip) Suatu Produk

Mencari dana untuk organisasi bisa dilakukan dengan membuka jasa titip atau (jastip). Jastip memungkinkan kamu untuk berbelanja sesuai permintaan pelanggan.

Biasanya kamu tinggal memberi tahu toko dan produk-produk yang sedang promo. Kemudian promosikan di berbagai sosial media dan tunggu sampai ada yang membeli.

Bila sudah sepakat, maka kamu tinggal membeli produk sesuai permintaan pelanggan. Kemudian barang dapat diberikan secara langsung sesuai harga yang disepakati.

Cara mencari dana organisasi secara online dengan jastip menjadi alternatif yang mudah karena seluruh kegiatan bisa dilakukan secara online dan tidak perlu ribet.

Kamu tinggal memasarkan produk yang sedang promo dan pelanggan yang memilih. Cara ini akan memudahkan organisasi dalam mendapatkan dana.

Tertarik untuk menggunakan jastip sebagai cara mendapatkan dana organisasi?

8. Jual Baju Thrift

Cara mencari dana organisasi saat pandemi berikutnya yaitu berjualan baju thrift. Baju thrift yaitu baju bekas yang branded.

Biasanya ada pemasok baju bekas baju brended yang menjual kodian. Kamu tinggal membeli dan memilih produk yang masih bagus untuk dijual kembali.

Tentunya hal ini akan memberikan keuntungan tinggi. Apalagi bila kamu pintar dalam memilih produk-produk yang murah namun dapat jual dengan harga yang lebih tinggi.

Cara mencari dana organisasi dengan thrifting akan sangat menarik dan menantang. Hal tersebut karena bisnis ini bisa dijalankan dengan online.

Jangan lewatkan kesempatan berjualan thrift untuk cara mencari dana untuk organisasi.

Penutup

Bagaimana, sudah tahu mengenai cara mencari dana untuk organisasi dengan cara apa saja? Sebenarnya, masih banyak cara lain yang bisa dimanfaatkan.

Peluang dalam berbisnis dan ide-ide kreatif pasti akan selalu bermunculan. Kamu hanya perlu mengasah, ingin berbisnis atau membuka penggalangan dana kreatif.

Jadi, sudah siap mencari dana untuk organisasi dengan cara-cara di atas? Semoga penjelasan dari mbakrosyi kali ini membantumu ya! semangat mencari dana dan semoga targetmu segera tercapai!

Leave a Comment