jenis ikan hias air tawar: Ada Banyak Loh!

Memelihara ikan hias bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat menarik untuk Anda lakukan di waktu luang. Anda dapat mencoba memelihara jenis ikan hias air tawar yang lebih mudah dipelihara jika dibandingkan dengan perawatan ikan hias air laut.

Ikan hias air tawar aquarium selain dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan, juga dapat membantu Anda agar terhindar dari stress. Karena memelihara ikan hias yang cantik bisa menjadi hiburan tersendiri untuk memperbaiki mood dan mengurangi kecemasan.

Terdapat berbagai jenis ikan hias air tawar yang bisa Anda pilih untuk dipelihara. Anda juga dapat membeli ikan hias dengan harga yang cukup beragam. Dari harga ikan hias murah hingga harga ikan hias mahal. Hal tersebut tergantung dari keunikan serta kelangkaan ikan tersebut.

jenis ikan hias air tawar

17 Jenis Ikan Hias Air Tawar

Setiap jenis ikan hias air tawar memiliki keunikannya masing-masing. Dari mulai jenis ikan, bentuk tubuh, hingga coraknya yang cukup beragam. Tidak semua jenis ikan hias air tawar bisa dirawat dengan cara yang sama. Terdapat ikan hias yang butuh perawatan secara khusus.

Misalnya saja untuk jenis ikan hias air tawar predator. Mereka tentu tidak bisa diletakkan ditempat yang sama dengan ikan hias lainnya secara sembarangan. Untuk itulah Anda perlu memperhatikan juga jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur dan tidak.

Ada banyak jenis ikan hias air tawar yang dapat dibudidayakan atau dipelihara. Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan air tawar,  yuk simak jenis-jenis ikan hias air tawar berikut ini bisa Anda pertimbangkan.

1. Ikan Cupang

Kepopuleran ikan cupang sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Terdapat beragam jenis ikan cupang yang memiliki bentuk maupun corak yang sangat memukau. Khususnya bagi ikan cupang jantan.

Sudah banyak perlombaan ikan cupang yang telah diselenggarakan. Dengan kriteria penilaian bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kelincahan, kesehatan, panjang sirip dan corak tubuh. Semakin unik ikan cupang tentunya akan meningkatkan penilaian.

Karena banyaknya peminat dari ikan cupang, semakin mudah bagi Anda untuk menemukan ikan ini dipasaran. Harga ikan cupang juga cukup beragam, berkisar dari ribuan hingga jutaan rupiah. Keunikan ikan tersebut akan membuat harganya semakin mahal.

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang tergolong cukup mudah untuk dipelihara. Perawatannya tidak terlalu rumit sehingga banyak yang ikut membudidayakan ikan tersebut. Ikan cupang selain cantik juga merupakan jenis ikan aduan yang cukup tangguh.

2. Ikan Guppy

Ikan guppy yang memiliki nama lain ikan seribu ini bisa ditemukan hampir di seluruh dunia. Bentuk ikan ini hampir mirip dengan ikan cupang. Bertubuh kecil dan memiliki sirip ekor yang melebar. Sangat cantik dengan corak yang sangat beragam.

Meskipun begitu, tubuh ikan guppy lebih ramping dari ikan cupang dan sirip punggungnya lebih tipis. Untuk merawat ikan ini Anda tidak memerlukan alat-alat khusus. Pastikan saja bahwa Anda memberikan makan secara teratur.

Selain itu kebersihan aquarium juga harus Anda perhatikan dengan baik. Ikan guppy termasuk ikan yang cukup lincah. Pergerakan ikan yang cukup aktif biasanya akan membuat aquarium harus lebih sering dibersihkan.

3. Ikan Mas Koki

Contoh jenis ikan hias air tawar selanjutnya yaitu ikan mas koki. Ikan ini awalnya berasal dari China. Karena tubuhnya yang gembul dan menggemaskan membuat ikan mas koki banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Ukuran tubuh ikan ini tidak terlalu besar. Dengan perut buncit dan warna-warna yang menarik seperti kuning, merah, hitam dan lain-lain membuatnya terlihat sangat imut. Keberadaan ikan mas koki bisa Anda temukan dengan mudah dipasaran karena ikan ini sangat populer.

Ikan mas koki umumnya tidak mudah mati dan perawatannya juga tidak terlalu ribet. Untuk itulah ikan mas koki menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipelihara dirumah.

4. Ikan Lemon

Karena warna kuning terang seperti kulit lemon yang sangat mencolok pada tubuhnya, ikan ini kemudian dijuluki sebagai ikan lemon. Ikan ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang cukup agresif. Oleh sebab itu, ikan lemon sebaiknya tidak dicampur dengan jenis ikan hias lainnya.

Warna kuning terang pada ikan lemon memang sangat cantik. Tidak heran jika banyak pecinta ikan yang memburu ikan jenis ini. Ketika ikan lemon beranjak dewasa, Anda akan menemukan warna gelap pada ujung sirip bagian atas pada ikan ini.

Ikan lemon memiliki bentuk tubuh yang agak ramping dan berukuran kecil. Ikan ini merupakan jenis ikan karnivora yang membutuhkan makanan berprotein seperti serangga air. Namun untuk perawatan ikan ini juga terbilang cukup mudah jadi Anda tidak perlu khawatir.

5. Ikan Black Ghost

Melihat namanya mungkin memang agak menyeramkan. Ikan hantu yang bernama latin Apterontus Albifrons ini memiliki warna tubuh yang dominan berwarna hitam. Ikan black ghost mempunyai bentuk tubuh bergelambir yang cukup unik.

Dengan tubuhnya yang bergelambir dan lentur ini membuat ikan black ghost lebih mudah melakukan maneuver yang berbeda dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Selain itu, ikan black ghost merupakan jenis ikan nocturnal yang suka hidup di celah bebatuan.

Meskipun warna dan bentuk tubuh ikan black ghost cukup aneh, namun dari kenehan itulah yang justru membuat para pencinta ikan tertarik untuk memelihara ikan tersebut.

6. Ikan Discus

Selanjutnya yang termasuk jenis ikan hias air tawar yaitu ikan discus. Ikan hias yang bernama latin Symphysodon merupakan jenis ikan yang sering dipelihara. Karena bentuknya yang lucu serta warna-warna ikan yang cukup beragam membuat ikan ini banyak diminati.

Meskipun ikan discus sangat cantik, namun untuk perawatannya memang agak sulit. Ikan discus ini termasuk jenis ikan yang cukup sensitif terhadap perubahan lingkungan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengontrol suhu pada aquarium agar sesuai dengan habitat aslinya.

Anda perlu mengganti air secara teratur agar ikan discus terhindar dari stress yang dapat membuatnya mati.

7. Ikan Manfish

Ikan manfish merupakan jenis ikan hias air tawar yang sangat cocok untuk dipelihara. Ikan yang juga biasa disebut angelfish ini awalnya berasal dari perairan Amazon dan termasuk dalam keluarga Chiclidae.

Ikan manfish memiliki bentuk tubuh pipih dan lebar yang sangat cantik. Dengan warna yang elegan membuat penampilan ikan ini semakin menarik. Untuk itulah banyak pencinta ikan yang memelihara ikan manfish ini.

Karena sifat ikan manfish yang tenang, Anda dapat mencampur ikan ini dengan ikan hias lain. Untuk memelihara ikan manfish juga tergolong mudah. Anda bisa memberi pakan ikan manfish berupa larva nyamuk maupun cacing.

8. Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra merupakan jenis ikan hias air tawar kecil yang sangat lincah dan agresif. Selain memiliki daya tahan tubuh yang kuat, ikan neon tetra memiliki bagian tubuh yang seolah-olah menyala dalam gelap.

Karena keunikannya itu membuat ikan neon tetra banyak dipelihara. Ikan neon tetra tidak memerlukan perawatan khusus. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin memelihara ikan jenis tersebut.

Ikan neon tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang hidup berkelompok. Harga ikan ini juga cukup terjangkau. Pakan ikan bisa Anda dapatkan dengan mudah karena ikan neon tetra merupakan omnivora. Ikan ini bisa memakan lumut dan serangga kecil seperti jentik nyamuk.

9. Ikan Komet

Ikan komet merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat cantik. Ikan yang bernama latin Carrasius Auratus juga sering dikenal dengan sebutan ikan sleyer. Hal ini karena ikan tersebut memiliki bentuk sirip maupun ekor yang menyerupai sleyer.

Bentuk tubuh ikan komet hampir mirip dengan ikan mas koki. Namun, ikan komet ini memiliki tubuh yang lebih ramping. Dengan bentuk ekor melebar yang akan berkibar dengan anggun ketika bergerak.

Cara memelihara dan merawat ikan jenis ini tidak begitu sulit. Ikan komet merupakan omnivora yang bisa Anda beri pakan pelet ikan, jentik nyamuk, udang kecil dan lain-lain. Yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas air dan lingkungan yang bebas jamur dan bakteri.

10. Ikan Botia

Ikan botia merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Sumatera dan Kalimantan. Habitat asli dari ikan ini adalah sungai yang berarus deras. Dengan suhu air yang berkisar antara 24-26 derajat celcius.

Perilaku ikan botia memang sangat unik. Ikan botia memiliki kebiasaan memiringkan tubuhnya seolah-olah ikan tersebut sudah mati. Ikan botia sangat suka hidup berkelompok. Jika Anda ingin memelihara ikan tersebut setidaknya peliharalah 3-5 ekor.

Perlu Anda perhatikan bahwa ikan botia sangat rentan terhadap serangan. Sisik ikannya sangat tipis sehingga kulitnya kurang terlindungi. Oleh karena itu, jangan mencampur ikan ini dengan ikan hias lain yang agresif.

11. Ikan Zebra Danio

Ikan zebra danio termasuk ke dalam keluarga Cyprinidae. Ciri khas ikan ini memiliki garis horizontal di tubuhnya. Dengan tubuh yang ramping ikan ini bisa bergerak secara agresif. Habitat asli ikan ini adalah perairan yang tenang dan tidak mengalir.

Ikan zebra danio umumnya dijual dengan harga yang cukup murah di pasaran. Dengan kemampuan bertahan hidupnya yang cukup kuat membuat ikan ini sangat cocok dipelihara oleh para pemula.

Sebagai ikan pemakan segala, ikan ini bisa Anda beri pakan berupa alga, kutu air, cacing maupun pelet ikan. Karena ikan ini merupakan ikan yang bergerak dalam kelompok, sebaiknya Anda memelihara dengan jumlah yang banyak.

12. Ikan Corydoras

Jenis ikan hias air tawar selanjutnya bernama ikan corydoras. Ikan ini juga memiliki istilah lain seperti cory catfish, cory fish hingga disebut juga ikan lele lapis baja. Hal tersebut terjadi karena ikan ini memiliki kumis.

Ikan cory fish banyak diminati karena ikan ini berukuran kecil sangat imut. Habitat aslinya yaitu sungai kecil maupun rawa-rawa. Dengan perairan yang dangkal dan bersih. Biasanya ikan ini dapat ditemukan di sela tanaman di pinggiran sungai.

Ikan corydoras dapat mengkonsumsi serangga dan juga cacing. Di alam liar ikan ini dapat memakan bangkai ikan. Yang unik dari ikan ini yaitu letak mulutnya yang berada di bawah ikan. Karakter ikan ini memang sangat tenang dan akan lebih sering diam di dasar aquarium.

13. Ikan Mickey Mouse

Ikan mickey mouse merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat cantik. Dengan tubuhnya yang mungil dan menggemaskan membuat ikan ini sangat digemari oleh para pencinta ikan.

Terdapat tiga bulatan hitam di bagian ekor yang menjadi ciri khas dari ikan ini. Ada satu bulatan besar dan dua bulatan kecil yang menyerupai bentuk kepala kartun mickey mouse. Ikan ini memiliki banyak varian warna seperti oranye, merah, kuning dan lainnya.

Ikan yang memiliki nama latin Xiphophorus Maculatus ini merupakan species ikan platy. Harga pasar dari ikan ini tergolong cukup murah dengan harga pasar tidak lebih dari 5 ribu rupiah per ekornya.

14. Ikan Silver Dollar

Karena bentuknya yang pipih menyerupai koin dollar membuat jenis ikan hias air tawar ini menyandang nama silver dollar. Ikan ini termasuk jenis ikan yang senang bergerombol dan termasuk dalam keluarga Characidae.

Penampilannya memang mirip dengan ikan piranha karena ikan ini masih satu keluarga dengan jenis ikan tersebut. Namun, ikan silver dollar termasuk ikan herbivora. Mereka adalah jenis ikan yang senang berenang di dekat permukaan air.

15. Ikan Louhan

Ikan louhan memiliki bentuk serta warna yang sangat menarik. Dengan bentuk dahinya yang besar dan bulat membuat ikan louhan sangat populer karena keunikanya tersebut. Ikan louhan sendiri memiliki popularitas yang cukup tinggi dan harga jualnya yang lumayan mahal.

Terdapat kepercayaan yang berkembang di masyarakat bahwa dengan memelihara ikan tersebut dapat membawa keberuntungan. Tidak heran jika peminat ikan louhan masih cukup tinggi.

16. Ikan Arwana

Karena keindahan dari sisik ikan arwana membuat ikan tersebut memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Ikan arwana memiliki tubuh pipih dengan punggung yang datar. Mulutnya mengarah keatas dan memiliki sepasang sungut  di bagian bibir bawah.

Habitat asli ikan arwana adalah tepian sungai yang ditumbuhi pohon yang rimbun. Mereka senang bersembunyi pada batang pohon di dalam air. Banyak yang percaya bahwa dengan memelihara ikan ini akan membawa keberuntungan bagi si pemilik.

17. Ikan Koi

Sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar, kepopuleran ikan koi memang tidak perlu diragukan lagi. Terdapat berbagai macam warna, corak maupun jenis ikan koi yang sangat menarik. Karena keindahan ikan koi inilah yang membuatnya memiliki harga jual tinggi.

Ikan yang awalnya berasal dari Tiongkok tersebut sering dianggap sebagai lambang keberuntungan. Ikan koi ini sangat cocok dipelihara di dalam kolam karena mereka senang bergerombol dan berenang secara aktif. Sehingga membutuhkan area yang cukup luas.

Ikan koi dapat hidup pada kawasan beriklim sedang. Mereka tergolong sebagai binatang karnivora yang dapat memakan serangga, udang kecil, nyamuk dan lain-lain. Terdapat sepasang kumis di bagian atas mulut ikan koi sebagai indera penciumannya.

Demikian penjelasan dari mbakrosyi mengenai beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa Anda pelihara. Sangat menarik kan? Untuk membuat ikan hias air tawar tahan lama pastikan Anda memelihara dengan cara yang tepat.  Perhatikan juga jenis ikan dan ciri-cirinya terlebih dahulu.

Leave a Comment