Sekolah Cambridge Terbaik di Indonesia

Sekolah Cambridge terbaik di Indonesia? Atau masih ada yang masih belum tahu apakah  kurikulum Cambridge itu? Jadi sekolah Cambridge merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum Cambridge untuk mempersiapkan murid untuk siap dengan persaiangan global.

Hal ini berbeda dengan kurikulum Nasional seperti KTSP atau kurikulum 2013. Kurikulum Cambridge ini diadaptasi dari Inggris dan sudah diterapkan sekitar 1000 sekolah di 160 negara, dan salah satunya adalah Indonesia.

Selain itu kurikulum ini juga memiliki banyak kelebihan daripada kurikulum Nasional. Apa saja kelebihan tersebut? Dan sekolah mana saja sekolah Cambridge di Indonesia? Simak terus ya.

Mengenal Lebih Dekat Kurikulum Cambridge

Sebelum kita ke inti dari pembahasan, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai kurikulum Cambridge. Apakah kurikulum Cambridge itu? Jadi kurikulum ini sudah diperkenalkan di Indonesia sejak beberapa tahun silam.

Kurikulum ini lebih menekankan pengembangan minat dan bakat dari murid sehingga murid bisa lebih mendalami penguasaan bidang yang diminati . Selain itu, berikut keunggulan dari sekolah Cambridge,

  • Murid mampu berbahasa Inggris dengan lancer
  • Murid mampu berfikir luas dengan cara pandang yang lebih global atau Internasional
  • Murid bisa mendapatkan pendidikan yang modern
  • Memiliki kesempatan kuliah di kampus terbaik dunia

Jadi sekolah menerapkan kurikulum ini bukan hanya sekedar mengikuti perkembangan zaman. Namun juga memiliki tujuan lebih luas dengan membantu murid untuk mempersiapkan diri dengan persaingan global yang semakin sulit.

Perbedaan Kurikulum Cambridge dengan Kurikulum Indonesia

Jika ditanya mengenai apakah ada perbedaan dari kurikulum Cambridge dengan kurikulum Indonesia dan Nasional? Pasti keduanya memiliki perbedaan. Yuk simak perbedaannya berikut dibawah ini,

1. Mata Pelajaran

Perbedaan yang pertama ada pada mata pelajaran.  Berbagai macam kurikulum yang ada di Indonesia, setidaknya da 10 kurikulum yang pernah diterapkan yaitu kurikulum 2013, 2006, 2004 dan lain sebagainya, mewajibkan siswa memperlajari semua pelajaran.

Sedangkan kurikulum Cambridge memiliki kebijakan murid diberikan kebebasan untuk memilih mempelajari pelajaran yang paling disukainya.  Sehingga mereka memiliki pemahaman yang lebih mendalam.

Seperti contohnya, jika murid memilih mempelajari matematika maka murid tersebut tidak harus mempelajari biologi, fisika, maupun kimia.

2. Rentang Jenjang

Perbedaan yang menonjol keduanya yaitu rentang jenjang belajar. Dalam kurikulum Nasional sudah kita ketahui bahwa ada 3 rentang jenjang belajar yang ada,

  • Sekolah dasar yang harus ditempuh 6 tahun usia 7 – 12 tahun
  • Sekolah menengah pertama (SMP) yang harus ditempuh 3 tahun dengan usia 13 – 15 tahun dan
  • Sekolah menengah atas (SMA) yang harus ditempuh 3 tahun 16-19 tahun

Untuk kurikulum cambridge juga memiliki rentang jenjang. Namun bedanya kurikulum Cambridge memiliki 4 jenjang,

  • Cambridge primary, untuk umur 5-11 tahun
  • Cambridge lower secondary, jenjang kedua untuk usia 11 – 14 tahun
  • Cambridge upper secondary untuk usia 14- 16 tahun dan
  • Cambridge advanced untuk usia 16-19 tahun

3. Bahasa 

Perbedaan yang terakhir adalah bahasa yang digunakann. Bahasa yang digunakan pada sekolah dengan kurikulum Nasional sudah tentunya Bahasa Indonesia, meski begitu kurikulum Nasional tidak membatasi murid belajar bahasa asing.

Jika sekolah dengan kurikulum Cambridge, murid menggunakan bahasa pengantar dengan Bahasa Inggris. Begitu pula dengan buku penunjangnya. Penggunaan bahasa asing ini bertujuan agar murid lebih siap dalam menghadapi dunia Internasional.

Sekolah Cambridge Terbaik di Indonesia

Bagaimana? Tertarik untuk masuk sekolah Cambridge terbaik di Indonesia? Yuk langsung kita bahas sekolah Cambridge yang ada di Indonesia,

1. Alexander Islamic School

Sekolah Cambridge terbaik di Indonesia yang pertama adalah Alexander Islamic School yang merupakan salah satu sekolah di Jakarta yang menerapkan kuriklum Cambridge.

Tidak tanggung – tanggung, sekolah ini mendedikasikan dirinya sebagai sekolah yang bisa menyeimbangkan antara dunia dan akhirat.

2. Bina Bangsa School

Sekolah yang kedua dalah Bina Bangsa School yang telah berdiri sejak 2001 dengan program berstandar Internasional yaitu Cambridge, IGCSE, dan A level. Program A level ini sendiri merupakan syarat untuk bisa diterima di universitas ternama dunia.

Seperti Harvard, Yale, Oxford, Cambridge University, Stanford dan masih banyak lagi. Sekolah ini bisa menjadim kualitas pendidikan terbaik dengan standart Internasiona.

Kamu bisa menemui sekolah Bina Bangsa School ini di kota besar, seperti Malang, Semarang, Bandung dan Balikpapan. Jadi tidak hanya ada di Jakarta saja.

Selain itu, murid di Bina Bangsa ini dilatih dengan 3 bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Mandarin dan Traditional Chinese, wow. Tidak salah sekolah ini menjadi salah satu sekolah Cambridge terbaik di Indonesia.

3. Jakarta Nanyang School

Sekolah Cambridge terbaik di Indonesia selanjutnya Jakarta Nanyang School didirikan atas kerja sama Nanyang Family di Singapura dengan JNY. Yang menjadi salah satu sekolah dengan system Internasional. Sudah tahukan betapa majunya pendidikan di Singapura.

Untuk itu Jakarta Nanyang School ini menerapkan kurikulum Internasional, dimana tingkat SD menggunakan kurikulum iPSLE, sedangkan untuk SMP dan SMA menerapkan Cambridge IGCSE atau A level.

4. ACG School Jakarta

ACG school Jakarta merupakan salah satu sekolah Cambridge terbaik di Indonesia. ACG atau Academic Colleges Group yang berlokasi tepat di Jakarta Selatan di Jln. Warung Jati Barat. ACG School menerima murid untuk jenjang Taman Kanak – kanak hingga SMA.

Untuk tingkat SD dan Tk di ACG School ini menerapkan kurikulum Internasional Beccalaureate Primary Years Progeamme sedangkan kurikulum Cambridge akan diterapkan untuk jenjang SMP dan SMA.

Namun, kurikulum Cambridge untuk jenjang SMP dan SMA ini hanya diterapkan untuk beberapa mata pelajaran saja. Yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Sains, dan Perspektif Global. Sedangkan untuk mata pelajaran lainnya akan menggunakan kurikulum KS3 British.

Lalu berapa biaya ACG School Jakarta?  Jika ditanya berapa biaya ACG School Jakarta. Tentunya cukup fantastic ya, yaitu sekitar Rp 130 juta untuk TK, hingga Rp 155 juta dan SD sekitar Rp 235 juta.

5. Global Nusantara School

Global Nusantara School yang menjadi sekolah dengan kurikulum Cambridge dan sudah terakreditas oleh Kementerian Pendidikan Indonesia menjadikan sekolah ini salah satu sekolah Cambridge terbaik di Indonesia.

Kurikulum Internasional Baccalaureate (IB)

Sekolah Internasional, selain menggunakan kurikulum Cambridge, juga menerapkan kurikulum Internasional Baccalaureate atau disingkat IB. Sebenarnya apa bedanya IB dan Cambridge?

IB resmi berdiri tahun 1968 dan telah banyak digunakan di berbagai Negara salah satunya Indonesia. Kurikulum ini lebih mendorong murid untuk berwawasan global, kreatif, pengembangan kemampuan emosi, intelektual dan social, serta kontribusi.

Untuk itu IB juga menerapkan 4 program yaitu diantaranya,

  • Primary Years School, untuk anak usia 3-12 tahun
  • Middle Years Program, untuk anak 11 – 16 tahun
  • Diploma Programme, untuk anak usia 16 – 19 tahun
  • Career-related Program yang juga untuk anak usia 16  19 tahun. Program ini versi terbaru dari Diploma Program.

Sekolah Internasional di Indonesia dengan Kurikulum IB

Setelah kita membahas sekolah Cambridge terbaik di Indonesia, disini kita akan membahas sekolah Internasional dengan kurikulum IB, berikut daftar sekolahnya.

1. Gandhi Memorial International School

Yang merupakan sekolah Cambridge terbaik di Indonesia yang berada di Indonesia. Yang menggunakan program IB Primary years dan IB middle years sebagai system pembelajaran unggulannya.

Cabang dari sekolah in tersebar hingga lebih dari 30 negara di dunia. Untuk itu murid dari SMA ini akan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Tidak heran, karena biaya yang diperlukan pertahunnya mulai dari Rp 67 juta hanya untuk jenjang Taman Kanak.

Wow, bisa dibanyangkan seberapa mahalnya harga yang harus disiapkan untuk jenjang yang lebih tinggi.

2. Jakarta Intercultural School

JIS atau Jakarta Intrecultural School yang berada di Jakarta ini memberikan fasilitas seperti perpustakaan dengan 130 ribu koleksi, 18 lab sains, 4 gedung teater, 3 kolam renang, beberapa lapangan hingga 184 kelas.

JIS menerapkan kurikulum International Beccalaureate dengan standar Amerika. Untuk bisa bersekolah disini, kamu perlu menyiapkan dana mulai Rp 361 juta hingga 478 juta per tahun.

3. Singapore Intercultural School

Singapore Intercultural School yang ada di Semarang ini menggunakan kurikulum campuran antara Cambridge dan Singapore. Sekolah ini mendorong system pembelajaran yang mendorong penyelarasan bahasa serta budaya belajar mandiri.

Selain itu, SIS juga berfokus dalam pengembangan ketrampilan murid agar sesuai denga keinginan dan kemampuan dalam dirinya. Sehingga murid yang lulus dari SIS ini dipastikan memiliki kemampuan yang lebih mendalam dari sekolah biasa.

Namun biaya yang harus disiapkan untuk bersekolah di SIS ini juga tidak kalah mahal loh. Yaitu sekitar Rp 39 juta hingga Rp 185 juta. Namun disini kamu bisa memperoleh beasiswa apabila kamu bisa meraih minimal skor pada bidang akademik tertentu yang kamu miliki.

4. Sampoerna Academy

Sekolah Internasional yang ada di Bogor yaitu Sampoerna Academy ini menerapkan kurikulum Science, Technology, Engineering, Art dan Math yang berasal dari Amerika Serikat.

Metode ini mendorong murid untuk bisa mengutamakan budaya inovasi dan kolaborasi.Untuk bisa bersekolah disini kamu harus menyiapkan setidaknya Rp 43 juta hingga Rp 100 juta pertahun dari tingkat Kindergarten hingga Senior High School.

5. The Intercultural School of Bogor

The Intercultural School of Bogor menggunakan kurikulum the International Early Years (IEYC) untuk usia anak 2-5 tahun. Berdasarkan riset, kurikulum ini mengutamakan praktik pembelajaran usia dini yang disebut sebagai media yang tepat sebagai masa transisi anak.

Jenjang Sekolah Dasar dan lanjutannya akan menggunakan the International Primary yang sudah diterapkan lebih dari 90 negara. Adapun biaya yang harus disiapkan untuk masuk sekolah ini mecapai Rp 58 juta per tahunnya.

Bagaimana? Sudah tahukan apakah kurikulum cambridge itu? Serta mana saja sih sekolah Cambridge terbaik di Indonesia? Ternyata banyak juga ya sekolah dengan standart Internasional yang sudah ada di Indonesia.

Meski biaya yang mahal, namun sekolah ini menjadi sekolah impian untuk sebagian orang tua loh. Namun begitu, bukan berarti sekolah dengan standart Nasional juga kurang bagus, namun entah sekolah Internasional sama – sama memiliki kelebihannya sendiri.

Untuk itu, kamu perlu berifikir dan berdiskusi bersama orang tua kamu dalam melanjutkan pendidikan. Karena pendidikan merupakan investasi terbaik kamu untuk masa depan. Semangat belajar.

Leave a Comment